News Update :
Home » » GUNUNG ADALAH

GUNUNG ADALAH

Gambar Gunung

GUNUNG adalah sebuah gundukan tanah yang besar dan tinggi yang dibawahnya terdapat magma berisi lava (batu yang berpijar) dan terletak di atas bumi, bisa berada di daratan maupun di lautan. Sedangkan gundukan tanah sebesar gunung yang dibawahnya tidak memiliki magma disebut pegunungan, dan gundukan tanah yang ukurannya lebih kecil dari gunung disebut bukit walaupun bentuknya mirip gunung. Gunung juga bisa berada di atas pegunungan, misalnya gunung bromo yang terletak di atas pegunungan tengger di jawa timur.

Pengertian di atas didasarkan dari kurikulum ilmu pengetahuan alam sekolah dasar di Indonesia tahun 1980. Namun definisi lain banyak yang berbeda.

Encyclopædia Britannica mengatakan bahwa gundukan tanah baru bisa disebut gunung jika memiliki ketinggian 2000 kaki (610 m) di atas permukaan laut. Sedangkan wikipedia Indonesia mencatat bahwa gunung tidak memiliki definisi secara umum, karena memerlukan ukuran ketinggian, volume, relief, kecuraman, jarak dan kontinuitas untuk dijadikan kriteria dalam mendefinisikan gunung.

Menurut kurikulum lama sekolah dasar, istilah gunung berarti gunung berapi. Gunung berapi memiliki status aktivitas, yaitu gunung berapi aktif dan gunung berapi tidak aktif. Gunung berapi tidak aktif adalah gunung yang tidak memiliki aktivitas apapun karena magma (kubah lava) di dalamnya sudah tidak memiliki energi panas.

Sedangkan gunung berapi aktif adalah gunung yang memiliki aktivitas di dalam magma berupa energi panas yang mencairkan batu di dalamnya menjadi cairan batu yang panas dan berpijar yang disebut lava. Lava ini akan menjadi energi yang terkurung dan sewaktu-waktu akan keluar berupa letusan disertai gempa melalui celah di bagian atas gunung yang disebut kawah.

Keluarnya lava melalui kawah gunung ini disebut lahar. Lava yang keluar ini merupakan sebagian dari isi magma yang biasanya berupa cairan batu panas disertai abu. Beberapa type gunung terkadang meletus disertai awan panas, misalnya gunung merapi di jawa tengah.

Selain mengeluarkan lahar panas, gunung berapi juga bisa mengeluarkan lahar dingin yang berasal dari genangan air hujan di dalam kawah gunung. Lahar dingin ini keluar karena adanya dorongan energi yang berasal dari perut gunung.
Share this article :

Post a Comment

 
About Us | Contact Us | Disclaimer | Privacy Policy | Site map
Copyright © 2013 | Pusat Definisi | All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger